Sejarah Singkat

Berkembangnya otonomi daerah dan perubahan ekonomi global yang cepat dan dinamis, menuntut kebutuhan sumber daya manusia yang lebih berkualitas, responsif, kreatif dan berdaya saing tinggi. Karena itu, diperlukan jenjang pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan analisis yang tinggi dalam terori dan bijaksana dalam aplikasinya untuk percepatan  pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam konteks inilah Fakultas Ekonomi Universitas Jambi menyelenggarakan Program Doktor (S3) dalam bidang Ilmu Ekonomi yang akan menghasilkan lulusan berpredikat doktor dalam bidang Ilmu Ekonomi dan mampu menjawab berbagai persoalan dan tantangan liberalisasi dan globalisasi.

Keinginan tersebut disambut baik Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti  Kemendikbud) dengan surat mandat No.85/E.E2/DT/ 2014 tanggal 28 Januari 2014 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi. Apresiasi yang tinggi dari Dirjen Dikti Kemendikbud tersebut terutama setelah mempertimbangkan ketersediaan sumberdaya dosen serta fasilitas dan keberhasilan Fakultas Ekonomi Universitas Jambi dalam menyelenggarakan pendidikan strata 1 (S2) dan strata 2 (S2) selama ini.

 

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi salah satu program doktor ilmu ekonomi yang berkualitas, terkemuka dan berdaya saing tinggi dalam ekonomi global.

Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis kearifan lokal yang ditunjang dengan teknologi komunikasi dan informasi serta sistem penjaminan mutu yang memadai agar mampu menghasilkan Doktor yang unggul, mandiri, dan berbudaya serta memiliki moral dan intergritas sesuai dengan tuntutan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat serta meningkatkan kajian ilmiah unggulan agar mampu menghasilkan temuan baru yang berkualitas, bermanfaat bagi pembangunan masyarakat.
  3. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta, baik pada tingkat lokal, nasio-nal, maupun global/internasional untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam pengembangan Iptek.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan doktor yang memiliki kemampuan: a) menciptakan konsep baru, memimpin riset dan pengembangan ilmu dan memecahkan masalah secara interdisipliner; b) menyusun kebijakan di tingkat daerah, regional dan nasional dalam perwujudan pembangunan berkelanjutan; c) mengembangkan sumberdaya dan organisasi untuk melaksanakan program dengan menerapkan pinsip-prinsip kewirausahaan
  2. Menjadi salah satu pusat kegiatan pengembangan  dan aplikasi IPTEK inovatif yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Menjadi salah pusat informasi IPTEK untuk masyarakat ilmiah dan masyarakat umum yang lebih luas.

 

Pengunjung
Today55
Yesterday77
This week317
This month1471
Total75333

Who Is Online

Guests : 26 guests online Members : No members online