Latar Belakang

ProgramStudi Magister Ilmu Ekonomi(MIE) Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, sebelumnya disebut Magister Ekonomika Pembangunan (MEP), merupakan program strata dua (S-2) yang didirikan berdasarkan Surat Izin Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 2298/D/T/2001pada tanggal 4 Juli 2001. Perubahan nama program studi ini terjadi setelah dilakukan reakreditasi seperti tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi Nomor 1274/D/T/K-N/2009 dengan peringkat akreditasi B berlaku hingga akhir tahun 2014.

Perubahan nama program studi merupakan momentum yang membuka celah untuk melakukan revisi dan pengembangan konsentrasi serta pengayaan materi mata kuliah. Melaui perubahan tersebut diharapkan dapat mengakomodasi dinamika perekonomian nasional dan daerah yang terjadi sebagai dampak implementasi kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal bersamaan dengan menguatnya globalisasi ekonomi ditataran internasional.

Setelah lebih dari satu dasawarsa pelaksanaan otonomi dan desentralisasi fiskal, perekonomian sebagian besar daerah ternyata belum mampu berkembang secara lebih mandiri. Integrasi penyusunan rencana pembangunan dengan pengelolaan keuangan daerah dipandang penting untuk mewujudkan pola alokasi dana secara lebih proporsional dalam upaya memperkuat perekonomian daerah dan nasional. Hal ini menghendaki ketersediaan sumberdaya manusia yang memiliki pemahaman terpadu terhadap kedua aspek tersebut.

Pasca otonomi daerah, perkembangan perekonomian nasional mengindikasian kuatnya pengaruh globalisasi dalam mengintegrasikan sebagian besar daerah ke perekonomian internasional daripada peran otonomi dan desentralisasi pengambilan keputusan dalam memperkuat perdagangan antar daerah. Agar daerah dapat memperoleh manfaat yang optimal dari integrasi tersebut, diperlukan sumberdaya manusia yang menguasai berbagai aspek mengenai bisnis dan perdagangan.

Selain itu, perkembangan terkini perekonomian dunia menunjukkan bahwa pengelolaan aktivitas ekonomi dengan prinsip-prinsip pasar liberal kurang mampu menciptakan keadilan ditingkat ekonomi mikro dan stabilitas berkelanjutan ditingkat ekonomi makro. Fakta ini telah mendorong berkembangnya penerapan prinsip-prinsip ekonomi islam sebagai solusi terhadap kegagalan ekonomi konvensional. Perkembangan tersebut perlu diakomodasi untuk mempersiapkan tenaga akademis, birokrat dan praktisi bisnis yang menguasai sistem ekonomi islam dan implementasinya dalam berbagai aktivitas ekonomi individual, rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan transaksi internasional. 

Visi Misi Program Studi

Selaras dengan visi yang diusung Universitas Jambi, program studi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mengemban visi menjadi salah satu program studi magister ilmu ekonomi yang unggul dan kompetitif  di tingkat internasional.

Misi Program Studi

  1. Membangun pendidikan akademik dan terapan yang kondusif dan responsif terhadap dinamika realitas perekonomian regional, nasional dan global dalam pengembangan ilmu ekonomi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan riset yang berorientasi pada pengembangan ilmu ekonomi dan penerapannya dalam mendukung pembangunan daerah berbasis potensi sumberdaya lokal.
  3. Mengembangkan kemampuan keilmuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan profesional dalam bidang perencanaan dan pembiayaan pembangunan daerah, pengembangan kegiatan bisnis dan perdagangan serta ekonomi dan keuangan Islam
  4. Mengembangkan kemampuan riset untuk mempersiapkan tenaga peneliti yang handal sehingga mampu menghasilkan riset-riset unggulan yang bermanfaat bagi kepentingan pembangunan ekonomi daerah.
  5. Meningkatkan pengetahuan akademis dan praktis sebagai bekal pengembangan ilmu pengetahuan ditingkat lanjutan guna memperoleh derajat pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang ilmu ekonomi.

Tujuan Program Studi

 

  1. Mengembangkan kemampuan keilmuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan profesional dalam bidang perencanaan dan pembiayaan pembangunan daerah, pengembangan kegiatan bisnis dan perdagangan serta ekonomi dan keuangan Islam
  2. Mengembangkan kemampuan riset untuk mempersiapkan tenaga peneliti yang handal sehingga mampu menghasilkan riset-riset unggulan yang bermanfaat bagi kepentingan pembangunan ekonomi daerah.
  3. Meningkatkan pengetahuan akademis dan praktis sebagai bekal pengembangan ilmu pengetahuan ditingkat lanjutan guna memperoleh derajat pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang ilmu ekonomi.

 

Pengunjung
Today27
Yesterday109
This week362
This month1162
Total81864

Who Is Online

Guests : 11 guests online Members : No members online