Sejarah dan Perkembangan 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

 

Sejarah

Pada tahun 1960, berdiri Akademi Perniagaan Djambi yang bernaung di bawah Jajasan Perguruan Tinggi Djambi. Yayasan ini didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintahan Jambi waktu itu dan diketuai oleh R. Sudarsono yang waktu itu menjabat sebagai Walikota Jambi. Selanjutnya pada tahun 1961, Akademi Perniagaan Djambi berubah menjadi "Fakultas Ekonomi" bersamaan dengan pendirian Fakultas Hukum, keduanya berafiliasi ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Berbekal dengan adanya dua Fakultas tersebut, tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Jambi melalui Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi. Dengan Keputusan Menteri PTIP Nomor 105 Tahun 1962 tanggal 15 Agustus 1962 dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Jambi. Panitia ini diketuai oleh Kolonel M.J. Singedekane, yang pada waktu itu adalah Gubernur Provinsi Jambi.

Hasil kerja Panitia ini adalah berdirinya pada tanggal 1 April 1963 Universitas Negeri Jambi yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963. Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi kemudian membuka dua Fakultas Baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan, sehingga pada saat diresmikan tanggal 1 April 1963, Universitas Negeri Jambi memiliki empat Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Mulai saat itu, tanggal 1 April dijadikan sebagai tanggal Dies Natalis Universitas Jambi.

Pada tahun 1966 keluar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 148 yang menetapkan berdirinya Universitas ini dengan nama Universitas Jambi. Namun karena suatu dan lain hal Surat Keputusan Presiden tersebut tidak sampai di Jambi, maka selama bertahun-tahun hingga keluarnya Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1982 Universitas ini bernama Universitas Negeri Jambi.

Perkembangan

Sejak diresmikannya Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, maka dimulailah pengembangan fakultas ini. Hubungan afilliasi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia masih tetap berlangsung. Pada Tahun 1966 Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mulai meluluskan Sarjana Muda dan pada Bulan Juli 1976 mulai membuka kuliah bagi Program tingkat Sarjana (S1).

Sejak awal berdirinya, Fakultas Ekonomi Universitas Jambi sudah memiliki dua jurusan, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan.  Pada Tahun 1979, berdasarkan keputusan Konsorsium Ilmu Ekonomi Departemen Pendidikdan Kebudayaan, maka Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mengadakan perubahan nama jurusan yaitu

  1. Jurusan Ekonomi Umum menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  2. Jurusan Ekonomi Perusahaan menjadi Jurusan Manajemen

Pada Tahun akademik 1994/1995, bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Fakultas Ekonomi Ekonomi Universitas Jambi menerima mahasiswa baru untuk jurusan Akuntansi.  Selanjutnya, dalam rangka membantu program pemerintah untuk pendidikan tenaga terampil tingkat menengah (madya), Fakultas Ekonomi Universitas Jambi melalui Surat Keputusan DIRJEN Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 109/DIKTI/Kep/2001 dan Nomor 110/DIKTI/Kep/2001 tanggal 30 April 2001 mulai membuka Program Diploma III dengan dua program studi yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Pemasaran.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 3142/Dikti/2004, Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mulai tahun akademik 2005/2006 kembali membuka program studi baru yaitu Program Studi Perpajakan. Program Studi ini merupakan satu-satunya program pendidikan profesional dibidang perpajakan yang ada di Provinsi Jambi.

Selain mengembangkan Program Pendidikan tingkat diploma dan strata-1 (S1), fakultas juga mengembangkan program pendidikan strata-2 (S2) dan strata-3 (S3). Pada Tahun 2001, berdiri dua program strata-2 di fakultas ini yaitu Program Magister Manajemen (SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.51/Dikti/Kep/2001) dan Program Magister Ekonomika Pembangunan  (Izin Dirjen Dikti Depdiknas No.2298/D/T/2001). Dalam perkembangannya, sejak Tahun 2009, Program Magister Ekonomi Pembangunan berganti nama menjadi Program Magister Ilmu Ekonomi. Selanjutnya, pada Tahun 2010 kembali dibuka program baru untuk strata-2 yaitu Program Magister Ilmu Akuntansi (SK Mendiknas No. 207/D/O/2010).

Pada Tahun 2014, berdasarkan Surat Mandat Dirjen Dikti Kemendikbud No. 85/E.E2/DT/2014, fakultas ini melangkah lebih maju dengan membuka Program Doktor (S3) Ilmu Ekonomi. Program Doktor ini dibuka dengan dua konsentrasi yaitu 1) Ilmu Ekonomi dan 2) Ilmu Manajemen. Pada tahun yang sama (Tahun 2014), berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 19 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jambi, Fakultas Ekonomi Universitas  Jambi berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pergantian nama ini diharapkan akan menjadi momentum penting dalam mengembangkan kualitas dan kinerja fakultas ini.

Perkembangan yang terjadi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi tidak terlepas dari usaha, jasa dan pengabdian dari pimpinan fakultas ini. Tercatat sejak berdirinya sampai saat ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi memiliki 9 (sembilan) orang dekan, dengan dekan pertama Drs. Ong tke Bie (Drs. Hendra Esmara) pada periode 1963 - 1996 dan periode saat ini Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, SE, MA

dekan1a

 

dekan1b

 

dekan1c

 

dekan1d

 

 

 

Pengunjung
Today33
Yesterday93
This week292
This month1658
Total80071

Who Is Online

Guests : 9 guests online Members : No members online